Apakah salah Pemasaran merupakan salah satu kepailitan berwirausaha ? (Tugas Softskill Kewirausahaan)


Berwirausaha adalah hal yang tidak mudah.oleh karena itu kita harus mengetahui ilmunya atau tata cara yang baik dan benar tentang bagaimana menjadi wirausahawan agar tidak menemukan kepailitan dalam wirausaha. ketika berwirausaha banyak sekali hal yang harus kita ketahui. salah satunya adalah hal-hal yang membuat suatu usaha itu gagal atau failed dan karena itulah muncul sebuah pertanyaan "Apakah salah pemasaran merupakan salah satu kepailitan dalam berwirausaha ?". sebelum kita menjawab itu benar atau salah maka kita harus mencari tahu lebih dulu apa yang membuat sebuah wirausaha itu gagal.

Banyak faktor penyebab kegagalan Wirausaha telah dikatakan oleh para ahli. salah satunya adalah Zimmerer (1996) dalam Suryana (2001) menyatakan bahwa kegagalan wirausahawan dalam mengelola bisnisnya dapat disebabkan hal-hal sebagai berikut.
  1. Tidak kompeten dalam manajerial, yaitu dicirikan dengan rendahnya kemampuan serta kinerja di dalam pengelolaan usahanya.
  2. Kurang memiliki pengalaman dalam berbagai segi, misalnya dalam kemampuan teknik, kemampuan memvisualisasikan usaha, kemampuan mengkoordinasikan, keterampilan mengelola sumber daya manusia, maupun kemampuan mensinergikan operasionalisasi perusahaan.
  3. Kurang dapat mengendalikan keuangan. Agar perusahaan dapat berjalan dengan baik maka aspek keuangan harus betul-betul diperhatikan, misalnya menjaga likuiditas perusahaan melalui pengendalian arus kas. Mengendalikan setiap pengeluaran biaya dan penerimaan baik dari pinjaman maupun dari hasil penjualan produk.
  4. Adanya kegagalan dalam perencanaan. Perencanaan merupakan titik awal dari suatu kegiatan, apabila suatu rencana gagal maka akan berdampak terhadap terhambatnya operasi perusahaan.
  5. Lokasi kurang memadai. Lokasi usaha merupakan faktor yang strategis, apabila salah dalam memilih lokasi maka berakibat terhadap terhambatnya operasi perusahaan.
  6. Kurangnya pengawasan peralatan. Pengawasan erat kaitannya dengan efisiensi dan efektivitas. Kurang pengawasan dapat mengakibatkan penggunaan alat tidak efisien dan tidak efektif.
  7. Sikap kurang sungguh-sungguh dalam berusaha. Sikap yang setengah-setengah terhadap usaha akan mengakibatkan usaha yang dijalankan menjadi labil dan dapat mengakibatkan kegagalan fatal.
  8. Ketidakmampuan dalam melakukan peralihan/transisi kewirausahaan. Wirausahawan yang kurang siap menghadapi dan melakukan perubahan, cepat atau lambat akan tergusur oleh zaman dan mengalami kemunduran bahkan kebangkrutan usaha. Keberhasilan usaha hanya dapat diperoleh apabila wirausahawan memiliki keberanian mengadakan perubahan dan adaptif terhadap peralihan waktu.
Setelah mengetahui apa yang membuat suatu wirausaha itu gagal, maka dapat kita simpulkan bahwa salah pemasaran memang salah satu faktor kepailitan berwirausaha seperti yang dinyatakan dalam point 4 dan 5. lokasi yg kurang memadai dan kegagalan dalam perencanaan merupakan faktor-faktor yang membuat salah pemarasan.

Pemasaran adalah kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen, menghasilkan barang atau jasa, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa. dalam berwirausaha kita harus mengetahui lokasi yang strategis dan mencari tahu tentang kebutuhan pasar pada saat itu. oleh karena itu melakukan survey langsung ke masyarakat sangatlah penting agar kita mengetahui apa saja yang sedang diminati atau di butuhkan masyarakat. selain itu, kita juga dapat mengetahui dan membuat perbandingan dengan produk lain yang bergerak dibidang sama dengan produk kita dalam berwirausaha. setelah itu membuat inovasi agar produk kita tidak kalah saing dengan produk lain yang sejenisnya.

Dalam berwirausaha, Pemasaran yang benar dan baik sangatlah di butuhkan. oleh karena itu, sebuah survey di lapangan sangatlah penting untuk sebuah pemasaran sebagai landasan atau sebuah referensi untuk produk agar kita tidak salah pemasaran yang berakibat kepailitan dalam suatu wirausaha.

Reference:
https://www.facebook.com/KomunitasWirausaha.FP/posts/569832796414175

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebudayaan Subang

Laporan Interpretatif

Soft News