Tugas Jurnalistik 2 :Hari kemenangan yang penuh berkah (Soft News)

Idul fitri adalah suatu hari kemenangan bagi umat islam setelah satu bulan menjalankan ibadah puasa. Pada hari yang dinanti-nantikan itu, orang-orang akan saling meminta maaf dan menunaikan ibadah shalat ied bersama di masjid bahkan sampai ke halaman-halaman bagi yang tidak mendapatkan tempat didalam masjid.

Antusias warga yang ingin menunaikan shalat ied di lapangan atau halaman masjid membuat mereka harus membawa Koran sebagai alas untuk sajadah mereka agar tidak kotor. Setelah acara shalat selesai, maka tidak heran jika banyak Koran yang berserakan di halaman masjid atau lapangan.

Hal tersebut dimanfaatkan oleh para pemulung untuk mencari rejeki. Setelah acara shalat selesai, maka mereka akan mengumpulkan koran-koran tersebut untuk dijual. Selain Koran, mereka juga mengumpulkan botol-botol air mineral bekas yang di tinggalkan oleh para jamaah shalat ied.

Surti (45) perempuan paruh baya yang bekerja sebagai pemulung setiap harinya hanya mendapatkan  Rp.40,000 saja, kini dia dapat mengais rejeki 2kali lipat atau lebih dari hasil mengumpulkan Koran dan botol air mineral bekas jamaah yang ditinggalkan setelah mengerjakan shalat.


Surti mengatakan bahwa hari raya idul fitri bukan hanya sekedar hari kemenangan untuknya tetapi juga adalah hari yang penuh keberkahan bagi dirinya yang berprofesi sebagai pemulung karena di hari tersebut dia dapat mengais rejeki yang lebih banyak dari hari biasanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebudayaan Subang

Laporan Interpretatif

Soft News