Tugas SoftSkill : Peranan Komunikasi dalam Dunia Bisnis

   Dalam jaman modern seperti sekarang ini, setiap pengusaha harus berusaha dapat menutup jurang yang terbentang antara Produsen dan Konsumen selaku calon pembeli barang atau pengguna jasa yang dihasilkannya. oleh karena itulah peranan penting sebuah komunikasi dalam bisnis. Menurut Edward Depari, komunikasi adalah proses penyampaian gagasan, harapan, pesan yang disampaikan melalui lambang tertentu yang mengandung arti yang dilakukan oleh penyampaian pesan ditujukan kepada penerima pesan.

   Penyelenggaraan Komunikasi dengan pasar, merupakan suatu syarat mutlak bagi setiap produsen yang menghasilkan produk yang di tujukan kepada para konsumen dan juga sebagai syarat mutlak bagi setiap pengusaha yang ingin menjamin kelangsungan hidup perusahaannya dan terus maju berkembang.

   Dalam lingkungan bisnis, para pengusaha dapat menggunakan beberapa sarana komunikasi perdagangan untuk berkomunikasi dengan masyarakat konsumen. Sarana-sarana komunikasi tersebut adalah dalam wujud pengiriman surat, pengiriman kawat, percakapan telepon, kunjungan pribadi, dan lain-lain. Adapun ruang lingkup jenis-jenis sarana komunikasi perdagangan ini adalah terbatas. sedangkan untuk ruang lingkup pemasaran yang sangat luas, maka kita membutuhkan periklanan sebagai sarana komunikasi pemasaran khusus karena periklanan adalah suatu alat pemasaran yang bergerak dibidang komunikasi massa.

   Komunikasi adalah kegiatan yang menyangkut pada hubungan dengan orang lain. kegiatan ini adalah suatu usaha untuk menimbulkan respon atau umpan balik dari orang lain sesuai dengan harapan dan orng yang memberi atau menyampaikan pesan dalam komnikasinya. Adapun bentuk-bentuk umpan balik terbagi menjadi 9, yaitu :

  • External Feedback
  • Internal Feedback
  • Direct Feedback atau Immediate Feedback
  • Indirect Feedback atau Delaiged Feedback
  • Inferential Feedback
  • Zero Feedback
  • Neutral Feedback
  • Negative Feedback




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebudayaan Subang

Laporan Interpretatif

Soft News