Tugas SoftSkill : Komunikasi dalam organisasi
Dalam Komunikasi bisnis terdapat pola-pola yang harus kita ketahui, antara lain seperti komunikasi dari atas ke bawah, komunikasi dari bawah ke atas, komunikasi horizontal, dan komunikasi diagonal.
Menurut Djoko Purwanto (2003:26) Pola komunikasi (patterns of communications) dapat dibedakan kedalam pola komunikasi saluran komunikasi
formal yaitu:
a)
Komunikasi dari atas ke bawah
Menurut Katz dan Kahn,
komunikasi dari atas ke bawah mempunyai lima tujuan pokok, yaitu ;
• Untuk memberikan pengarahan atau
mstruksi kerja tertentu.
• Untuk memberikan informasi mengapa
suatu pekerjaan harus dilaksanakan.
• Untuk memberikan informasi tentang
prosedur dan praktik organisasional.
• Untuk Memberikan umpan balik
pelaksanaan kerja kepada para karyawan.
• Untuk menyajikan informasi mengenai aspek ideologi dalam membantu
organisasi menanamkan
pengertian tentang tujuan yang ingin dicapai.
Salah satu kelemahan komunikasi dari atas ke bawah
adalah kemungkinan terjadinya
penyaringan ataupun sensor informasi penting yang ditujukan ke para bawahannya. Dengan kata lain, informasi yang diterima
para bawahan bisa jadi tidak selengkap
aslinya.
b) Komunikasi dari bawah
ke atas
Dalam struktur organisasi,
komunikasi dari bawah ke atas berarti alur informasi berasal dari
bawahan menuju keatasan. Salah satu kelemahan komunikasi dari bawah ke atas
adalah adanya kemungkinan bawahan hanya menyampaikan informasi (laporan) yang baik-baik
saja, sedangkan informasi yang agaknya mempunyai kesan negatif atau tidak disenangi
oleh atasan cenderung disimpan dan tidak disampaikan.
c) Komunikasi horizontal
Komtmikasi horizontal atau
sering disebut juga adengan istilah komunikasi lateral adalah komunikasi yang terjadi
antara bagian-bagian yang memiliki posisi sejajar atau sederajat dalam suatu
organisasi. Tujuan komunikasi horizontal antara lain untuk melakukan persuasi, mempengaruhi, dan memberikan informasi kepada bagian/departemen yang memiliki kedudukan sejajar.
d) Komunikasi diagonal
Bentuk komunikasi ini melibatkan komunikasi antara
dua tingkat/level organisasi yang berbeda.
Bentuk komunikasi Diagonal memiliki beberapa keuntungan, diantaranya adalah
• Penyebaran
informasi bisa menjadi lebih cepat ketimbang bentuk komunikasi tradisional.
• Memungkinkan individu dari berbagai bagian atau
departemen ikut membantu menyelesaikan
masalah dalam organisasi.
Salah satu kelemahannya adalah
bahwa komunikasi ini dapat mengganggu
jalur komunikasi yang rutin dan telah berjalan normal.
Dalam suatu organisasi bisnis, maka komunikasi sangat di perlukan untuk melakukan kegiatan, diantaranya adalah sebagai berikut :
- membuat atau menetapkan suatu keputusan penting dalam organisasi bisnis
- mengetahui hasil kinerja suatu departemen, divisi, bagian dalam organisi tersebut
- berkaitan dengan permasalahan pelanggan kepada organisasi
- berkaitan dengan masalah proses produksi
Komentar
Posting Komentar