Tugas SoftSkill : Komunikasi dalam organisasi

Dalam Komunikasi bisnis terdapat pola-pola yang harus kita ketahui, antara lain seperti komunikasi dari atas ke bawah, komunikasi dari bawah ke atas, komunikasi horizontal, dan komunikasi diagonal.
Menurut Djoko Purwanto (2003:26) Pola komunikasi (patterns of communications) dapat dibedakan kedalam pola komunikasi saluran komunikasi formal yaitu:
a)      Komunikasi dari atas ke bawah
Menurut Katz dan Kahn, komunikasi dari atas ke bawah mempunyai lima tujuan pokok, yaitu ;
Untuk memberikan pengarahan atau mstruksi kerja tertentu.
Untuk memberikan informasi mengapa suatu pekerjaan harus dilaksanakan.
Untuk memberikan informasi tentang prosedur dan praktik organisasional.
Untuk Memberikan umpan balik pelaksanaan kerja kepada para karyawan.
• Untuk menyajikan informasi mengenai aspek ideologi dalam membantu
organisasi menanamkan pengertian tentang tujuan yang ingin dicapai.
Salah satu kelemahan komunikasi dari atas ke bawah adalah kemungkinan terjadinya penyaringan ataupun sensor informasi penting yang ditujukan ke para bawahannya. Dengan kata lain, informasi yang diterima para bawahan bisa jadi tidak selengkap aslinya.
b)     Komunikasi dari bawah ke atas
Dalam struktur organisasi, komunikasi dari bawah ke atas berarti alur informasi berasal dari bawahan menuju keatasan. Salah satu kelemahan komunikasi dari bawah ke atas adalah adanya kemungkinan bawahan hanya menyampaikan informasi (laporan) yang baik-baik saja, sedangkan informasi yang agaknya mempunyai kesan negatif atau tidak disenangi oleh atasan cenderung disimpan dan tidak disampaikan.
c)      Komunikasi horizontal
Komtmikasi horizontal atau sering disebut juga adengan istilah komunikasi lateral adalah komunikasi yang terjadi antara bagian-bagian yang memiliki posisi sejajar atau sederajat dalam suatu organisasi. Tujuan komunikasi horizontal antara lain untuk melakukan persuasi, mempengaruhi, dan memberikan informasi kepada bagian/departemen yang memiliki kedudukan sejajar.
d)     Komunikasi diagonal
Bentuk komunikasi ini melibatkan komunikasi antara dua tingkat/level organisasi yang berbeda. Bentuk komunikasi Diagonal memiliki beberapa keuntungan, diantaranya adalah
Penyebaran informasi bisa menjadi lebih cepat ketimbang bentuk komunikasi tradisional.
• Memungkinkan individu dari berbagai bagian atau departemen ikut membantu menyelesaikan masalah dalam organisasi.
Salah satu kelemahannya adalah bahwa komunikasi ini dapat mengganggu jalur komunikasi yang rutin dan telah berjalan normal.

Dalam suatu organisasi bisnis, maka komunikasi sangat di perlukan untuk melakukan kegiatan, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • membuat atau menetapkan suatu keputusan penting dalam organisasi bisnis
  • mengetahui hasil kinerja suatu departemen, divisi, bagian dalam organisi tersebut
  • berkaitan dengan permasalahan pelanggan kepada organisasi
  • berkaitan dengan masalah proses produksi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebudayaan Subang

Laporan Interpretatif

Soft News