Tugas SoftSkill : Dasar Komunikasi dan Komunikasi Bisnis

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah. Dalam kehidupan, Komunikasi sangat sering dilakukan oleh manusia, itu sudah menjadi kebutuhan yang mendasar bagi seseorang untuk berinteraksi dangan orang lain.

Pada dasarnya, secara etimologis kata komunikasi berasal dari bahasa Latin yaitu communication yang bersumber pada kata communis berarti milik bersama atau membagi. ini adalah merupakan suatu proses yang bertujuan untuk membangun pengertian dan kebersamaan. Sedangkan secara terminologis adalah proses penyampaian suatu pernyataan oleh pihak satu kepada pihak lain.


dalam berkomunikasi biasanya seseorang akan melakukan komunikasi secara verbal dan non verbal.
Adapun bentuk-bentuk dasar komunikasi secara verbal dan non verbal adalah :

Komunikasi nonverbal

  • Gerakan mata
  • Sentuhan
  • Warna
  • Bunyi
  • Paralanguage

 Komunikasi Verbal

  • Berbicara
  • Menyimak
  • Menulis
  • Membaca

Dalam melakukan komunikasi terdapat unsur-unsur penting yang perlu diketahui  dalam proses tersebut, yaitu :

  • Komunikator.
Komunikator adalah seseorang yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam proses komunikasi. Seseorang yang menjadi komunikator tidak hanya berperan sebagai pengirim pesan saja, namun juga memberikan respons dan menjawab pertanyaan yang disampaikan sebagai dampak dari proses komunikasi yang berlangsung, baik secara langsung maupun tidak langsung.


  • Pesan atau informasi
Pesan dapat berupa kata-kata, tulisan, gambaran atau perantara lain. Pesan merupakan keseluruhan apa yang disampaikan oleh komunikator. Pesan memiliki inti yang mengarah pada usaha untuk mengubah sikap dan tingkah laku komunikan.


  • Sarana komunikasi

Sarana komunikasi biasa disebut dengan media yang digunakan sebagai penyalur pesan dalam proses komunikasi. Pemilihan media dalam proses komunikasi tergantung pada sifat berita yang akan disampaikan.
  • Komunikan atau penerima
Komunikan merupakan penerima pesan atau berita yang disampaikan oleh komunikator. Komunikan bisa terdiri satu orang atau lebih, bisa dalam bentuk kelompok. Dalam proses komunikasi, komunikan adalah elemen penting karena dialah yang menjadi sasaran komunikasi dan bertanggung jawab untuk dapat mengerti pesan yang disampaikan dengan baik.

  • Umpan balik.
Umpan balik biasanya dimaknai sebagai jawaban komunikan atas informasi yang disampaikan oleh komunikator kepadanya. Pada komunikasi yang dinamis, komunikator dan komunikan dapat melakukan .respon atas informasi yang diterima.
  • Dampak
Dampak adalah efek perbedaan yang komunikan alami sebelum dan sesudah menerima pesan. Bila sikap dan tingkah laku komunikan berubah sesuai dengan isi pesan maka komunikasi telah berjalan dengan baik. Dampak dapat dilihat dari personal opinion, public opinion maupun majority opinion. Namun semuanya mengarah kepada perubahan yang terjadi pada komunikan setelah menerima pesan.

Bisnis dalam pandangan komunikasi
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah. sedangkan Bisnis adalah seatu organisasi yang menyediakan jasa atau barang untuk untuk konsumen agar mendapatkan keuntungan. Dalam sebuah bisnis, Komunikasi sangat penting untuk melancarkan segala aktifitas yang berhubungan dengan bisnis. Menurut Curtis Komunikasi dalam organisasi Bisnis ditujukan untuk menyelesaikan masalah dan membuat keputusan. Selanjutnya dikatakan bahwa pendapat tersebut tidak dapat dibantah karena semakin tinggi kedudukan seseorang dalam bisnis, dirinya akan semakin bergantung kepada keahlian seseorang dalam membuat keputusan dan memecahkan masalah untuk suatu keberhasilan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebudayaan Subang

Laporan Interpretatif

Soft News