Tugas SoftSkill : Dasar Komunikasi dan Komunikasi Bisnis
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah. Dalam kehidupan, Komunikasi sangat sering dilakukan oleh manusia, itu sudah menjadi kebutuhan yang mendasar bagi seseorang untuk berinteraksi dangan orang lain.
Pada dasarnya, secara etimologis kata komunikasi berasal dari bahasa Latin yaitu communication yang bersumber pada kata communis berarti milik bersama atau membagi. ini adalah merupakan suatu proses yang bertujuan untuk membangun pengertian dan kebersamaan. Sedangkan secara terminologis adalah proses penyampaian suatu pernyataan oleh pihak satu kepada pihak lain.
dalam berkomunikasi biasanya seseorang akan melakukan komunikasi secara verbal dan non verbal.
Adapun bentuk-bentuk dasar komunikasi secara verbal dan non verbal adalah :
Komunikasi nonverbal
Komunikasi Verbal
Dalam melakukan komunikasi terdapat unsur-unsur penting yang perlu diketahui dalam proses tersebut, yaitu :
Sarana komunikasi biasa disebut dengan media yang digunakan sebagai penyalur pesan dalam proses komunikasi. Pemilihan media dalam proses komunikasi tergantung pada sifat berita yang akan disampaikan.
Pada dasarnya, secara etimologis kata komunikasi berasal dari bahasa Latin yaitu communication yang bersumber pada kata communis berarti milik bersama atau membagi. ini adalah merupakan suatu proses yang bertujuan untuk membangun pengertian dan kebersamaan. Sedangkan secara terminologis adalah proses penyampaian suatu pernyataan oleh pihak satu kepada pihak lain.
dalam berkomunikasi biasanya seseorang akan melakukan komunikasi secara verbal dan non verbal.
Adapun bentuk-bentuk dasar komunikasi secara verbal dan non verbal adalah :
Komunikasi nonverbal
- Gerakan mata
- Sentuhan
- Warna
- Bunyi
- Paralanguage
Komunikasi Verbal
- Berbicara
- Menyimak
- Menulis
- Membaca
Dalam melakukan komunikasi terdapat unsur-unsur penting yang perlu diketahui dalam proses tersebut, yaitu :
- Komunikator.
- Pesan atau informasi
- Sarana komunikasi
Sarana komunikasi biasa disebut dengan media yang digunakan sebagai penyalur pesan dalam proses komunikasi. Pemilihan media dalam proses komunikasi tergantung pada sifat berita yang akan disampaikan.
- Komunikan atau penerima
- Umpan balik.
- Dampak
Bisnis dalam pandangan komunikasi
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah. sedangkan Bisnis adalah seatu organisasi yang menyediakan jasa atau barang untuk untuk konsumen agar mendapatkan keuntungan. Dalam sebuah bisnis, Komunikasi sangat penting untuk melancarkan segala aktifitas yang berhubungan dengan bisnis. Menurut Curtis Komunikasi dalam organisasi Bisnis ditujukan untuk menyelesaikan masalah dan membuat keputusan. Selanjutnya dikatakan bahwa pendapat tersebut tidak dapat dibantah karena semakin tinggi kedudukan seseorang dalam bisnis, dirinya akan semakin bergantung kepada keahlian seseorang dalam membuat keputusan dan memecahkan masalah untuk suatu keberhasilan
Komentar
Posting Komentar